PENGERTIAN EKONOMI SYARIAH DAN PERBANKAN SYARIAH

Sobat, Islam adalah agama yang sempurna yang mengatur seluruh sendi kehidupan mulai dari yang kecil seperti adab tidur hingga masalah-masalah besar seperti perekonomian dan negara. Kegiatan perekonomian Islam harus berdasarkan prinsip illahiyah. Artinya harta yang ada pada kita pada hakikatnya bukan milik manusia, melainkan titipan Allah ‘azza wa jalla agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya demi kepentingan umat manusia yang pada akhirnya akan kembali kepada Allah ‘azza wa jalla untuk dipertanggungjawabkan. Kali ini akan dibahas tentang ekonomi syariah dan perbankan syariah mulai dari pengertiannya hingga nilai dan sistem yang dijalankan.

Untuk memahami pengertian tentang ekonomi syariah dan perbankan syariah secara lengkap dan detail, kita harus mengetahui pengertian dasar syariah, muamalah, ekonomi, maupun perbankan.

Apa itu syariah?

Syariah (Asy-syari’ah) secara bahasa berarti sumber air minum (mawrid al-ma’li al-istisqa) atau jalan lurus (Ath-thariq al-mustaqim). Secara istilah, Syariah bermakna perundang-undangan (aturan) yang diturunkan Allah ‘azza wa jalla kepada Rasulullah SAW untuk seluruh umat manusia mulai dari masalah akidah, akhlak, makanan, miniman, pakaian, hingga muamalah guna meraih kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Apa itu muamalah?

Muamalah merupakan salah satu cabang dari syariah selain akidah dan akhlak. Secara istilah, muamalah adalah interaksi sesama manusia (hablum min an-nas) dalam berbagai aspek kehidupan.

Apa itu ekonomi?

Ekonomi adalah sebuah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran (mencukupi kebutuhannya).

Apa itu perbankan?

Menurut UU RI No. 10 Tahun 1998 tentang perbankan, dapat disimpulkan bahwa perbankan merupakan usaha yang meliputi tiga kegiatan, diantaranya menghimpun dana, menyalurkan dana, dan memberikan jasa bank lainnya.

Setelah pengetahuan kita lumayan lengkap mengenai arti dasar syariah, muamalah, ekonomi, dan perbankan. Mari kita perdalam pengetahuan kita tentang arti spesfifik ekonomi syariah dan perbankan syariah.

Pengertian Ekonomi Syariah

Ekonomi syariah atau disebut juga sebagai ekonomi Islam. Ekonomi syariah merupakan ilmu yang mempelajari perilaku ekonomi manusia yang diatur berdasarkan syariat Islam dan di dasari dengan keimanan.

Pengertian Perbankan Syariah

Perbankan merupakan salah satu cabang disiplin ilmu ekonomi. Dalam sistem ekonomi syariah, dikenal dengan perbankan syariah yang memiliki banyak perbedaan dengan sistem perbankan konvensional. Secara pengertian, perbankan syariah adalah suatu sistem perbankan yang dikembangkan berdasarkan syariah (hukum) Islam dengan mengharap ridho Alloh ‘azza wa jalla serta didasari dengan keimanan.

.

.

.

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Bank

http://forumekonomisyariah.org/bank-artikel/konsep-dasar/104-pengertian-tujuan-a-prinsip-prinsip-ekonomi-islam-syariah.html

anneahira.com

http://forumekonomisyariah.org/bank-artikel/usaha-dan-bisnis-syariah/114-pengertian-bisnis-syariah.html

This entry was posted in Ekonomi Syariah, Islamic. Bookmark the permalink.

Leave a Reply